Bagaimana Mendapatkan Penghasilan dari Blog Hingga Ratusan Juta Bahkan Milyaran per Bulan
Saya ingat salah seorang teman saya dulu bilang begini:
“Blogger-blogger ini nulis informasi lengkap, bisa diakses tanpa bayar, buat apa ya?”
Lalu teman saya yang lain jawab :
“Mungkinlagi kurang kerjaan, kebanyakan waktu luang“.…Hebat ya blogger?
Kalau anda sering mencari informasi lewat Google, memang sebagian besar jawabannya pasti berasal dari website berbentuk blog.
Artinya blog itu sumber pengetahuan online Yang sangat baik bila di
manfaatkan secara positif.Yang perlu din ingat dan di garis bawahi
adalah seorang blogger menulis informasi di internet bukan karena mereka
“kurang kerjaan atau bukan karena lagi nganggur,Tapi karena mereka bisa
mendapatkan uang dari blognya.
Seorang blogger yang blognya sudah sukses mampu menghasilkan lebih
dari$100,0000 atau Rp 1 Milyar setiap bulannya.…Hebat kan blogger? Dan
bagaimana menurut anda apakah percaya dan yakin atau bahkan cenderung
Pesimis he..he..he
Dalam Tulisan ini saya akan memberitahu anda bagaimana cara mendapatkan
uang dari blog dan bagaimana menjadikan blog anda menjadi sebuah bisnis
yang mampu menghasilkan tambahan rupiah ke kantong. " It"s ini tulisan
ini merupakan terusan saja dari seseorang yang sudah membuktikan
gurihnya menjadi seorang blogger sukses. Mari kita ambil pengalan
manisnya..
Tahap tahap yang perlu dilewati adalah
Bagian 1
Ini hal-hal yang HARUS anda ketahui.k.a. Mindset seorang blogger yang sukses.
Saya ingin memberitahu anda cara membuat blog yang mampu menghasilkan minimal ratusan juta per bulan.Bukan “cuma” jutaan atau puluhan juta saja.
Caranya tidak sama, dalam prosesnya dan perencanaannya ada beberapa hal yang harus anda terapkan.
Pertama, ini yang perlu saya beritahu: 90% dari apa yang anda baca di forum-forum dan blog internet marketing itu omong kosong."Serius Saya tidak membesar-besarkan".
Pertama, ini yang perlu saya beritahu: 90% dari apa yang anda baca di forum-forum dan blog internet marketing itu omong kosong."Serius Saya tidak membesar-besarkan".
Bahkan menurut informasi dari para blogger-blogger yang sukses, mereka
juga tidak melakukan 90% dari hal-hal konyol yang diajarkan di forum dan
blog.
Baca sendiri kalau tidak percaya, karena itu lupakan 90% hal yang buang-buang waktu.
Saya akan mengajarkan anda untuk fokus yang 10% sisanya.
Mari kita mulai……
Inilah 8 fakta yang perlu anda ketahui:
** 1.Sebenarnya Blogging bukan cara termudah untuk mendapatkan uang.Blogging sangat sulit dan butuh kesabaran yang super tinggi.Mereka yang sukses dalam blogging adalah mereka yang memang benar-benar suka dengan dunia ini.Bukan hanya karena terpancing dengan uang.
** 1.Sebenarnya Blogging bukan cara termudah untuk mendapatkan uang.Blogging sangat sulit dan butuh kesabaran yang super tinggi.Mereka yang sukses dalam blogging adalah mereka yang memang benar-benar suka dengan dunia ini.Bukan hanya karena terpancing dengan uang.
Blogger itu mesti konsisten.Anda tidak bisa langsung mendapatkan penghasilan di hari pertama.
Bahkan mungkin setelah 6 bulan – 1 tahun blogging secara konsisten barulah anda bisa mulai mendapatkan penghasilan.
Dalam rentang waktu Yang cukup lama sampai berbulan-bulan itu anda mesti
konsisten menulis dan mengembangkan blog tanpa dibayar sepeser pun.
Artinya begini…Kalau anda sekarang sedang butuh penghasilan cepat,
JANGAN membuat blog untuk mendapatkan uang. Percuma, seminggu kemudian
pasti sudah bosan.Tapi kalau anda butuh hobi atau pekerjaan sampingan
yang berpotensi menjadi sumber penghasilan, silahkan lanjutkan.
Kalau anda butuh penghasilan dalam waktu singkat, blogging bukan jawabannya.
Click To Tweet
** 2. Mendapatkan penghasilan = mendapatkan traffic Ini poin terpenting
yang harus anda ketahui.Hmmm artikel yang sedang anda baca ini sudah
di-edit berkali-kali.
Ketika pertama kali diterbitkan, banyak yang protes.Katanya “Ini kan artikel tentang mendapatkan uang, kenapa yang dibahas malah cara-cara mengembangkan blog". Bukan cara mendapatkan uangnya?
Begini logikanya sebuah blog tanpa traffic mustahil bisa mendapatkan penghasilan.Karena itu untuk bisa mendapatkan uang, maka fokus utama anda adalah traffic.
Entah nanti sumber penghasilannya dari mana, terserah anda……sama saja.Mau
pakai iklan AdSense, iklan pribadi, melakukan affiliate marketing,
menjual produk sendiri, menjual jasa/layanan, semuanya sama saja.
Yang penting punya traffic atau pengunjung blog dulu.Maka dari itu yang
dibahas di artikel ini adalah strategi-strategi mengembangkan blog dan
mendapatkan traffic ke blog.Apapun sumber penghasilan blog anda,
mustahil bisa menghasilkan uang tanpa traffic.Untuk Click To Tweet Ikuti
kursus strategi meningkatkan traffic dari Panduan IM. Dikirimkan
seminggu sekali ke email anda. Gratis!Jadi Intinya adalah Tidak ada
sumber penghasilan yang bisa mendatangkan uang kalau anda tidak mampu
mendatangkan pengunjung ke blog.
** 3. Karena itu, jangan memikirkan pendapatan dulu sebelum punya 100 pengunjung per hari
Kalau anda sibuk memikirkan uang, maka fokus anda akan terpecah antara
mengembangkan blog dan mendapatkan uang.Fokus utama kita, tetap,
mengembangkan blog.Kalau anda sudah berhasil mendapatkan 100 pengunjung
per hari, barulah mulai memikirkan bagaimana cara mendapatkan uang dari
blog tersebut.
Perlu di garis bawahi kembali bahwa Blog berbahasa Indonesia sebaiknya minimum 500 pengunjung per hari.Ini
karena penghasilan dari blog Indonesia lebih kecil, rata-rata cuma $0.1
per 100 visitor per hari (AdSense). Seribu rupiah.100 per hari itu
untuk blog berbahasa Inggris.
** 4. Jangan di paksakan untuk membuat blog berbahasa Inggris tanpa lancar Bahasa Inggris
Ini seharusnya sudah jelas tapi banyak juga dari mereka yang memaksakan
membuat blog Bahasa Inggris cuma karena penghasilannya lebih besar.
Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh pembaca PanduanIM:“Saya mau bikin
blog Bahasa Inggris tapi saya nggak bisa Bahasa Inggris, gimana
ya?"Solusinya gampang Jangan bikin blog berbasaha Inggris (Bikin sih
boleh…tapi sekedar buat belajar)
Memang betul bahwa penghasilan blog berbahasa Inggris (jauh) lebih besar daripada blog Indonesia.
Tapi jauh lebih sulit.
Pertama, ada kendala bahasa.Bayangkan kalau ada orang bule yang
Bahasa Indonesianya berantakan, lalu dia nulis artikel berbahasa
Indonesia.Pasti jadi tidak enak dibaca.Yang namanya blog, kalau tidak
enak dibaca, saya berani jamin tidak akan bisa mendapatkan banyak
pengunjung. Apalagi uang.
Kedua, blog berbahasa Inggris persaingannya sangat ketat dan
super berat.Maka dari itu, di sarankan membuat blog berbahasa Indonesia
dulu sampai berhasil.Setelah itu baru coba terjun ke Bahasa Inggris
kalau anda lancar menulis dalam Bahasa Inggris.
** 5. SEO itu penting tapi jangan buang-buang waktu dengan SEO
Teknik SEO itu penting tapi sebetulnya tidak penting untuk blogger.Wah
gimana tuh…Begini maksud saya… SEO itu ilmu yang beragam, dari A-Z. Ada
ilmu-ilmu dalam SEO yang perlu anda ketahui, tapi sebagian besar tidak
usah diambil pusing.
Ini yang harus anda ketahui:
*.Seperti apa prinsip kerjanya
*.Mengapa sebuah website bisa masuk halaman 1
Ini yang harus anda ketahui:
*.Seperti apa prinsip kerjanya
*.Mengapa sebuah website bisa masuk halaman 1
*.Istilah-istilahnya
*.Bagaimana supaya blog kita bisa jadi peringkat 1
Tapi ingat Faktor penentu kesuksesan blog itu bukanSEO.Yang menentukan
kesuksesan blog anda adalah kualitas dari kontennya dan cara anda
melakukan pemasaran.
SEO itu ilmu penunjang.Blogger sering pusing dengan urusan SEO ini (padahal tidak penting):
1.Kecepatan website
2.Skor SEO
3.Template yang SEO friendly
4.Mobile-friendly/responsif
5.Mencari backlink dari blogwalking, social bookmarking, guestbook, dll.
1.Kecepatan website
2.Skor SEO
3.Template yang SEO friendly
4.Mobile-friendly/responsif
5.Mencari backlink dari blogwalking, social bookmarking, guestbook, dll.
Blog itu bentuk website yang strukturnya paling sederhana. Meskipun anda
tidak melakukan optimasi nomor 1-4, blog anda tetap bisa masuk halaman
1.Pengaruhnya hampir nol.Sedangkan yang nomor 5, backlink seperti itu
tidak ada pengaruhnya sama sekali. Ini cara mendapatkan backlink yang
benar.Okelah, SEO itu penting……tapi sebagian besar SEO untuk blog itu
letaknya pada pembuatan konten dan pemasaran.
2 hal itu yang terpenting.5 hal tadi tidak penting.Nggak percaya?Coba
pilih salah satu blog terbesar yang anda ketahui. Lalu cek skor SEO-nya
dari situs pengecekan yang manapun, terserah anda.Sebagian besar skornya
di bawah rata-rata.Saya ambil contoh Quicksprout, blog terbesar di
dunia yang membahas tentang SEO dan online marketing:Skornya cuma
65.Kalau anda ingin mendapatkan pengunjung blog, SEO saja tidak akan
cukup
** 6. Coba hindari menggunakan AdSense sebagai sumber pendapatan
AdSense itu sumber pendapatan blogger Indonesia yang paling umum.Karena
sangat muda tinggal daftar, tunggu diterima, pasang kode di blog.Dan
tinggal tunngu Duit mengalir.
Maka dari itu AdSense banyak digunakan oleh blogger.
Tapi ada fakta yang menyedihkan:Pendapatan dari iklan itu JAUH lebih
kecil dari pada yang lain.Alasannya?Penghasilan per klik untuk Indonesia
di AdSense rata-rata hanya $0,04 dengan rasio klik (RTK atau CTR)
rata-rata di bawah 3%.Artinya kalau kita punya 10.000 pengunjung sehari,
hanya 300 orang yang klik iklan. 300 orang dikali $0,04 berarti
pendapatan anda cuma $12 sehari.Dari 10ribu cuma $12! Padahal kalau anda
punya pengunjung sebanyak itu dan dengan sumber pendapatan lain,
penghasilan anda per hari bisa lebih dari sejuta.
Bayangkan:Kalau kita jual produk digital atau mempromosikan produk
affiliate, keuntungan per penjualan $5 (nilainya saya buat sangat
rendah).Dari 10ribu orang, yang beli 0.5% atau 50 orang (ini juga saya
rendahkan). Berarti kita sudah dapat $250 per hari.Jauh lebih besar
kan?Lebih dari 20x lipat.
Tapi ada pengecualian:Untuk blog yang memiliki banyak topik (istilahnya
blog gado-gado) biasanya memang iklan yang paling efektif karena akan
sulit menjual produk/layanan dengan blog bertopik lebih dari 1.
**7. Berusaha menghindari blog gado-gado.
Pilih SATUtopik utamaBlogger-blogger pemula biasanya suka membuat blog
“gado-gado”.Artinya dalam satu blog itu topiknya bermacam-macam. Kadang
tentang teknologi, kadang bisnis, kesehatan, agama, seks, berita, dan
lain-lain.Enak memang membuat blog gado-gado.Lebih mudah karena kita
bisa menulis apapun semau kita, apapun topik yang sedang hangat.Tapi ada
kelemahan yang sangat besar.Mengembangkan blog gado-gado hingga menjadi
blog besar SANGAT susah.
Alasannya:
1.Mereka tidak punya pembaca setia
2.Pengunjung tidak akan merekomendasikan blog gado-gado ke orang lain
3.Sulit mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari
4.Harus punya banyak konten untuk bisa sukses.
Kalau digambarkan kira-kira seperti ini:Karena topiknya banyak, jadi
tidak ada yang setia. Dibandingkan blog yang fokus dalam satu topik,
sangat sulit untuk bisa sukses dengan gado-gado.Satu-satunya
pengecualian membuat website dalam banyak topik hanya kalau anda membuat
situs portal berita (seperti Kompas, Liputan6) atau konten viral
(seperti Hipwee, BuzzFeed).Tapi ingat, keduanya butuh biaya besar.Kalau
anda ingin memulai dari NOL, blog dengan 1 topik punya kemungkinan
terbesar untuk sukses.
**8. Seberapa sering sebaiknya blog baru menerbitkan konten?
Apakah 1 artikel sehari atau 2 artikel sehari atau bahkan 10 artikel sehari?
Sebetulnya tergantung dari tipe blog anda.Tapi biasanya sekali sehari
itu sudah kebanyakan, apalagi kalau anda hanya penulis seorang diri.
Keburu capek duluan sebelum sukses.Secara teori, memang blog yang
menerbitkan banyak artikel akan lebih cepat ramai.…karena lebih banyak
artikel, lebih banyak yang muncul di search engine, lebih banyakyang
share, akhirnya lebih banyak pengunjung.
Tapi dalam prakteknya, tidak semudah itu.
Tapi dalam prakteknya, tidak semudah itu.
Bagi blogger baru tidak mudah untuk membuat banyak konten berkualitas dalam waktu singkat.
Kalau anda menerbitkan banyak konten, justru kualitasnya akan menurun.
Kalau anda menerbitkan banyak konten, justru kualitasnya akan menurun.
Ini 3 contoh blog dalam kategori bisnis & marketing:
"Strategi Manajemen– 1 penulis, 2 konten per minggu, ~1000 kata
"Maxmanroe– banyak penulis, 6 konten per hari, ~700 kata
"PanduanIM– 1 penulis, 1 konten per bulan, ~3000 kata
"StartupBisnis– banyak penulis, 2 konten per hari, ~600 kata
Maxmanroe dan Startup Bisnis punya banyak penulis, karena itulah mereka
bisa menerbitkan banyak artikel berkualitas dalam sehari. Sedangkan
Strategi Manajemen dan Panduan IM hanya dikelola oleh 1 orang, sehingga
frekuensinya lebih rendah.Meskipun berbeda, tapi semuanya bisa
berhasil.Kesimpulannya, frekuensi tidak berpengaruh terhadap
kesuksesan.Kualitas lah yang menentukan.
Tips saja terbitkan 1-2 konten per minggu untuk blog baru, setelah beberapa minggu sesuaikan frekuensinya dan tingkatkan kualitasnya.
Bagian II
Langkah-langkah menciptakan blog yang mampu menghasilkan ratusan juta Rupiah
Bayangkan saja dulu kita akan membuat blog yang bernilai ratusan juta
hingga milyaran Rupiah per bulan.Bukan hanya 1-10 juta ..ada perbedaan
besar dalam keduanya. Sama seperti bisnis. Tidak semua bisnis berpotensi
menghasilkan lebih dari ratusan juta, tergantung dari jenisnya, caranya
mengelola, dan cara anda mengembangkan.
Inilah langkah yang harus anda lakukan:
Langkah 1
– Pilih topik yang tepat untuk anda, ini caranya Tak peduli seberapa
kerasnya usaha anda, kalau topiknya salah maka blog anda tidak akan
pernah berhasil. Dan mungkin sangat Menyedihkan…Karena itulah tahap
pemilihan topik merupakan yang terpenting. Topik blog anda baiknya
merupakan kombinasi dari:
^ Sesuatu yang merupakan keahlian/minat anda
^ Sesuatu yang diminati dan bernilai bagi banyak orang. Maka disinilah
banyak yang akan terhambat. Biasanya, topik yang diminati sudah dipenuhi
oleh blog-blog raksasa. Atau topik tersebut tidak diminati oleh banyak
orang (tidak bernilai tinggi). Meskipun demikian kalau anda
mengesampingkan minat, maka proses pembuatan konten akan terasa sangat
berat.
Untuk memilih topik, pertimbangkan ini:
1.Apakah topik tersebut masih akan populer dalam jangka panjang?
2.Apakah peminatnya banyak?
3.Apakah ada banyak yang bisa dibahas dalam topik tersebut?
4.Apakah sudah ada blog raksasa dalam topik tersebut?
5.Mampukah anda membuat konten yang lebih baik daripada mereka
1.Apakah topik tersebut masih akan populer dalam jangka panjang?
2.Apakah peminatnya banyak?
3.Apakah ada banyak yang bisa dibahas dalam topik tersebut?
4.Apakah sudah ada blog raksasa dalam topik tersebut?
5.Mampukah anda membuat konten yang lebih baik daripada mereka
Minat memang penting tapi kalau topik yang anda minati tidak layak,
minimal topik yang anda pilih memenuhi kelima pertimbangan di atas.
Langkah 1.5 – Instalasi blog (dengan WordPress) Singkat saja, bagian ini khusus untuk anda yang belum punya blog. Kalau sudah punya, lanjutkan ke langkah
Langkah 1.5 – Instalasi blog (dengan WordPress) Singkat saja, bagian ini khusus untuk anda yang belum punya blog. Kalau sudah punya, lanjutkan ke langkah
2.Prosesnya tidak sulit, sangat mudah…Tapi kalau dijelaskan akan
panjang.Karena itu saya memisahkanpanduan untuk membuat blog dengan
WordPress.
Langkah 2
– Temukan tempat berkumpulnya mereka yang antusias dengan topik tersebutIni langkah terpenting dalam proses pembuatan blog.
Prosesnya seperti ini:
1.Cari situs komunitas onlineyang tepat
2.Bangun reputasi di komunitas tersebut
3.Perkenalkan (konten) blog anda di sana
1.Cari situs komunitas onlineyang tepat
2.Bangun reputasi di komunitas tersebut
3.Perkenalkan (konten) blog anda di sana
Ketiga langkah ini seringkali dilewatkan. Biasanya sih karena malas,
malu, atau hanya ingin bergantung pada Google untuk mendatangkan
traffic. Kalau anda seperti itu, akan sangat lama sampai blognya jadi
sukses .
Lalu bagaimana cara mencari komunitasnya?
*.Search di Google dengan keyword: “forum[topik]”
*.Search di Facebook dengan keyword: “groups about [topik]”
Komunitas-komunitas ini nantinya akan sangat banyak membantu
perkembangan blog anda terutama dalam 6 bulan pertama, sebelum peringkat
di Google stabil.
Sebagai gambaran:Traffic PanduanIM.com dalam 3 bulan pertama sebagian besar berasal dari situs komunitas (Social dan Referral).
Sebelum mendatangkan traffic, situs komunitas juga bisa digunakan dalam
proses pembuatan konten. Dijelaskan dalam langkah berikutnya.
Langkah 3
– Temukan permasalahan terbesar dalam topik yang anda pilih
Ada 2 tema konten yang paling umum digunakan dalam blogging
*.Panduan
*.InformasiKedua tema ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan
pembaca. Jadi kalau anda ingin sukses memancing pengunjung ke blog anda,
maka konten yang disediakan harus mampu menyelesaikan permasalahan
mereka.
Ini berdasarkan pengalaman: Untuk blog baru, cara tercepat untuk sukses
adalah dengan menyediakan konten berupa solusi dari permasalahan
terbesar yang ada dalam topik tersebut .
Masalah terbesar yang selalu menjadi permasalahan utama bagi orang yang baru mengenal topik utama blog anda.
Misalnya: Saya membuat blog tentang dunia kerja. Permasalahan terbesar dalam topik tersebut salah satunya adalah “cara mendapatkan pekerjaan”. Betul, kan? Maka ketika blog masih baru, gunakan lah permasalahan tersebut sebagai topik konten.
Langkah 4
– Buat konten terbaik yang menyelesaikan permasalahan terbesar
Ini…Kalau anda tidak bisa melakukan ini, jangan harap bisa menciptakan
blog yang bernilai ratusan juta Rupiah. Coba dipikirkan kalau dalam
suatu topik sudah ada sebuah artikel yang kualitasnya cukup bagus.
Kemudian anda membuat artikel dengan kualitas yang lebih rendah. Apakah
bisa jadi lebih sukses daripada yang pertama tadi? Sesuatu yang sanagat
Mustahiltentunya. Makanya setiap konten yang anda buat harus yang
terbaik daripada yang lain. Buatlah konten yang membuat pembaca blog
anda berekspresi seperti ini. Masih ingat tadi saya bilang bahwa anda
sebaiknya tidak perlu menerbitkan konten terlalu sering? Itulah
alasannya lebih baik fokus membuat 1 buah konten dengan kualitas
terbaik, daripada membuat10 konten yang biasa-biasa saja. Karena konten
yang biasa-biasa saja tidak akan bisa jadi populer, berapapun
banyaknya.
Konten berkualitas tinggi proses pembuatannya lebih lama. Di PanduanIM, 1
konten (artikel) biasanya memakan waktu minimal 3 hari.…makanya tidak
akan bisa membuat konten berkualitas setiap hari.
Baca panduan ini kalau anda ingin mempelajari
Metode KTP untuk membuat konten berkualitas.
Langkah 5 – Promosikan konten terbaik anda untuk mendapatkan ledakan
pengunjung. Saya sering ditanyai seperti ini oleh pembaca:“Saya sudah
punya banyak konten di blog, kenapa belum juga punya banyak pengunjung?
Kenapa belum bisa peringkat 1 di Google?”Lalu saya tanya
balik:“Kontennya apa sudah dipromosikan?”Biasanya jawabannya belum……ya
wajar kalau masih sepi, mana bisa orang lain tiba-tiba secara ajaib
ketemu dengan konten anda kalau bukan anda yang memberitahu mereka?
Inilah yang membedakan blogger yang sukses dan yang gagal. Mereka yang
sukses aktif mempromosikan konten-konten terbaiknya. Sementara yang
gagal hanya menunggu rangking di Google.Konten sebagus apapun tidak akan
pernah jadi populer kalau tidak dipromosikan. Jangan juga berharap bisa
mendapatkan peringkat 1 di Google kalau anda tidak berusaha
mempromosikan konten. Itulah mengapa promosi konten sangat penting untuk perkembangan blog.
Langkah 6 – Bangun reputasi, kredibilitas, dan hubungan dengan audiens. Ingat kembali ketika anda menggunakan Google Search untuk mencari informasi.
Ada 2 jenis website:
Pertama, website yang ‘terlupakan’.Entah karena kontennya kurang
bagus, desainnya tidak menarik, atau karena pemiliknya tidak mengajak
berinteraksi. Ketika tab browser ditutup, kita langsung lupa dengan
keberadaannya.
Kedua, website yang ‘menonjol’.Website yang kontennya luar biasa.
Ketika selesai membaca, rasanya ingin simpan/bookmark halamannya,
like/follow akunnya, atau daftar jadi anggota via email.
Website tipe kedua yang akan sukses.
Kalau anda ingin membuat blog tipe kedua lakukan ini:
1.Aktif berkontribusi di komunitas yang tepat
2.Ajak pembaca like/follow akun social anda
3.Lakukanlist building
4.Bicara dengan pembaca anda Untuk membangun hubungan, reputasi,
dankredibilitas, mengandalkan SEO saja sangat tidak cukup. Pengunjung
dari mesinpencari akan langsung pergi kalau tidak anda ajak
berinteraksi. Padahal ketiganya adalah kunci kesuksesan blog. Ketika
anda sudah dianggap kredibel, mereka akan lebih percaya untuk membeli
apapun yang anda jual.
Bagian III
– Tentukan sumber pendapatan blog
Ketika blog kita sudah mencapai target jumlah pengunjung tertentu,
barulah kita sekarang bisa memikirkan pendapatan. Seperti yang sudah
saya jelaskan tadi bahwa Tidak penting sumber pendapatan manapun yang
anda gunakan. Selama ada traffic yang tepat sasaran, dan selama anda
punya kredibilitas, pendapatan akan lancar. Jadi jangan pusing dengan
yang satu ini.
Berikut ini adalah 4 jenis sumber pendapatan blog diurutkan dari yang palingt inggi potensi keuntungannya ke yang paling rendah.
1. Membuat produk
Produk merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan penghasilan dari
blog. Ini karena keuntungannya 100% jadi milik anda, tidak dibagi dengan
pihak lain. Ada 2 jenis produk yang bisa anda buat yaitu Digital dan
fisik. Produk digital berarti produk yang adanya di dalam komputer anda
tanpa bentuk fisik.
Berikut ini beberapa contoh produk digital seperti
1.Ebook
2.Video tutorial
3.eCourse, kursus online
4.Webinar (Web seminar)
5.Membership berbayar
6.Foto dan audio
7.Aplikasi, template, plugin
8.SaaS (Software as a Service)
9.Website (jual-beli website)
Beberapa contoh seperti ebook, video, ecourse, sangat mudah proses
pembuatannya. Hampir sama seperti pembuatan konten biasa, hanya saja
dalam bentuk lain. Kalau anda tertarik membuat produk digital,ikuti
panduan bisnis online ini.
Dan berikut ini contoh produk fisik:
1.Buku
2.DVD
3.Kursus/kelas
4.Produk kreatif
5.Produk manufaktur
6.MerchandiseSebagai blogger, anda sebaiknya punya rencana jangka panjang untuk membuat produk……entah itu fisik atau digital.
Blog merupakan tempat yang sangat baik untuk mempromosikan produk,
apalagi kalau anda sudah punya pembaca yang loyal. Mereka akan setia
menunggu produk dari anda.Dan yang jelas produk anda harus sama
kategorinya dengan blog.
2. Program afiliasi (Affiliate program)
Ada juga orang yang tidak ingin membuat produk sendiri. Alasannya karena
repot proses pembuatannya, mengurus pembayarannya,dan mengurus customer
service-nya. Untuk itu menjadi affiliate marketing bisa jadi alternatif
yang juga bagus. Prosesnya seperti ini jika Anda memilih produk
afiliasi untuk dijual. Lalu anda mempromosikan produk tersebut. Ketika
ada pengunjung yang membeli dari anda, maka anda akan mendapatkan
komisi. Jadi kita mendapatkan sekian persen dari harga produk.
Ada 2 cara anda bisa mulai mempromosikan produk afiliasi.
Pertama, dengan bergabung dalam Affiliate Network. Kedua, dengan cara mencari langsung program afiliasi individu yang ada.
Berikut ini beberapa contoh affiliate network yang populer:
1.Amazon – produk fisik
2.Clickbank – produk digital
3.ShareASale – berbagai produk dan layanan
4.CJ – berbagai produk dan layanan
5.Rakuten Linkshare – berbagai produk dan layanan
6.WarriorPlus, JVZoo – produk internet marketing
7.Envato – produk untuk web developerdan desain grafisBaca artikel ini
kalau anda ingin memanfaatkan blog untuk mempromosikan produk
afiliasi.Selain program afiliasi, anda juga bisa mencoba CPA Marketing
3. Jasa atau layanan
Bisa juga dengan menjual jasa yang sesuai dengan topik utama blog
anda.Misalnya anda punya blog tentang manajemen bisnis, maka anda bisa
membuat pelatihan manajemen bisnis ataujasa konsultasi manajemen bisnis.
Berikut ini beberapa contoh penjualan jasa yang dapat dilakukan melalui blog:
1.Web developer
2.App developer
3.Desain grafis
4.Social media manager
5.Pembicara
6.Pelatih/tutor
7.Penulis
Harga dari jasa biasanya relatif lebih tinggi daripada produk, tapi ada
kelemahannya.Produk bisa dilipat-gandakan dengan mudah sedangkan jasa
tidak bisa. Maka dari itu banyak orang yang sekarang “memprodukkan
jasanya”.Apaan tuh? Artinya membuat produk berdasarkan jasa yang dia
tawarkan. Misalnya anda punya jasa pelatihan SEO…daripada menjalankan
pelatihan berkali-kali, anda bisa membuat kursus online (yang isinya
direkam)Dengan demikian kita bisa memberikan pelatihan kepada banyak
orang sekaligus tanpa mengulang-ulang prosesnya. Ada juga model bisnis
yang sudah disebukan di atas, yaitu SaaS. Mengubah layanan
menjadi software. Misalnya Mint, konsepnya adalah layanan pengelolaan
keuangan. Dari konsep ini mereka membuat software.
4. Publisher iklan
Iklan yang saya maksud disini bukan hanya AdSense dan jaringan iklan
lain, ada banyak jenis iklan lain yang bisa anda manfaatkan.
Berikut ini beberapa jenis iklan:
1.Pay per Post, dibayar untuk setiap artikel yang anda tulis
2.Text link, iklan berupa link
3.Lowongan kerja
4.Sponsorship
5.Ad Network (AdSense) Bukannya AdSense itu tidak bagus……tapi rasio
penghasilan dari iklan JAUH lebih kecil daripada kalau anda menjual
produk atau jasa sendiri. Jadi kerja keras yang sudah anda lakukan tidak
menjadi penghasilan yang optimal. Meskipun begitu, ada kondisi dimana
AdSense menjadi pilihan satu-satunya:
Pertama kalau tidak ada produk/jasa yang bisa dijual terkait blog anda.
Misalnya blog yang berisi konten-konten hiburan atau blog dengan banyak
topik.Sehingga tidak ada produk yang bisa dijual. Kasus lain, kalau anda
punya lebih dari 1 blog sehingga tidak sempat untuk membuat banyak
produk apalagi menjual jasa untuk masing-masing blognya. Dalam 2 kondisi
ini iklan menjadi pilihan satu-satunya.Sekarang giliran anda…Menjadi
blogger itu pekerjaan yang mulia.Kita memberikan informasi yang berharga
kepada orang lain…secara gratis. Kita menolong banyak orang untuk
memecahkan masalah dengan cara memberikan solusi .Dan sambil melakukan
hal positif sep
erti itu, kita mendapatkan penghasilan. Tapi ada 2 yang sangat
disayangkan:Pertama, pekerjaan sebagai blogger profesional belum
dianggap di Indonesia (bahkan dunia). Kalau anda bilang kepada orang
lain bahwa anda bekerja sebagai blogger, anda bisa dikira tidak serius.
Kedua, sebagian besar melakukan dengan cara yang salah.Misalnya dengan
membuat konten-konten yang merupakan hasil duplikasi dari orang
lain.Atau menggunakan trik-trik licik seperti black hat SEO yang
merugikan orang lain.Untuk itu saya butuh bantuan ada…Jadilah blogger
sukses yang berjalan di jalur yang benar. Bantulah orang lain dengan
cara membagikan pengetahuan anda. Hindari trik-trik yang merugikan.